BAMBANG RUKMINTO MENDUGA FS MASIH PUNYA PENGARUH KUAT DI INSTITUSI POLRI

0
0
foto berita

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA – Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto mengatakan, belum ditahanya ibu PC walau sudah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J, diduga karena Ferdy Sambo masih memiliki pengaruh yang kuat di Isntitusi POLRI.

Hal tersebut disampaikan oleh Bambang Rukminto kepada wartawan pada, Senin(29/8/2022).

“Pengaruh FS diduga masih kuat di internal sehingga banyak yang masih enggan untuk menahan isterinya,” ujar Bambang.

Dilansir dari Channel Yotube Kompas.com, Bambang mengatakan, bila asas persamaan di mata hukum itu benar-benar dilakukan oleh pihak kepolisian sebagai penegak hukum, tentunya tersangka juga diberikan hak dan perlakuan yang sama dengan tersangka-tersangka lain.

Menurut Bambang, azas persamaan di mata hukum belum sepenuhnya dilakukan oleh Polri, hal ini terlihat dari lima tersangka, hanya ibu PC saja yang belum ditahan, padahal 5 tersangka tersebut dijerat dengan pasal yang sama terkait pembunuhan berencana yang termaktub dalam pasal 340, subsider pasal 338, junto pasal 55 dan pasal 56 KUHAP.

Namun demikian, menurut Bambang, pasal-pasal tersebut hanya bersifat dugaan. Di luar itu, Kitab Undang-Undang  Hukum Acara Pidana (KUHAP), memperbolehkan adanya diskresi terkait penahanan tersangka.

“Secara normatif memungkinkan tersangka tidak ditahan karena alasan subjektif penyidik. Misalnya tersangka tidak menghilangkan barang bukti, tidak akan melarikan diri, dan lain sebagainya,”ujar Bambang. (FNI/PK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here