COMPOSER DAN ARRANGER TERKENAL, ONI KRISNERWINTO MENJADI  NARA SUMBER WORKSHOP SENI MUSIK DI KUPANG

0
1064

FOCUS NEWS INDONESIA.COM

KUPANG – Oni Krisnerwinto yang adalah Direktur PT Oni N Friends/composer dan Arranger/Music Director Ajang Pencarian Bakat di The Voice Indonesia dan Indonesia Idol , yang bersama Sa’ Unine String Orchestra dan HyperSax, sering membuat aransemen orchestra (String/Brass) untuk GIGI, Dewa 19, Romeo, Sheila On 7, Samson, Ungu, Drive, Nine Ball, Wali, Kerispatih, Andra&The Backbone, Rio Febrian, Shanty, Glen Fredly dan lain lain, menjadi Nara Sumber Workshop Seni Musik, yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, pada tanggal 14 sampai 17 Agustustus 2020.

Saat pembukaan acara workshop, Oni diberikan penghargaan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT,Linus Lusi Making, berupa Selendeng Adat Lambang Persaudaraan mendalam yang erat untuk kebangkitan seni musik di NTT.

Pada kesempatan itu Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi, berharap  agar Oni yang sudah banyak pengalaman tingkat Nasional maupun Internasional, bisa  membagi pengalaman dan Ilmu bagi para pelajar dan insan musik yang akan mengikuti Worshop dengan tema “Workshop Inspiratif Menambah Wawasan Berkreasi di Era Baru Menuju NTT Bangkit, NTT Sejahtera,” tersebut.

“ Saya berterimakasih banyak atas kesediaan pak Oni yang sudah mau datang ke NTT untuk membagi pengalaman bagi para pelajar dan masyarakat yang mengikuti workshop musik ini secara Virtual maupun secara langsung’” papar Linus.

Menjawab harapan Kadis, Oni, mengatakan bahwa dirinya merasa bangga karena bisa diundang menjadi pemateri musik di Kupang. Oni mengatakan bahwa dirinya selama ini ingin berkunjung ke NTT untuk melihat kekayaan seni budaya dan wisata yang dimiliki rakyat Nusa Tenggara Timur.

“ saya akan memberikan dan membagikan yang terbaik buat semua peserta workshop musik agar kelak mereka bisa berkiprah ketingkat Nasional maupun Internasional dengan kualitas yang handal,” ucap Oni.

Setelah acara pembukaan, Oni mulai membawakan materinya dihadapan 40 orang peserta yang hadir langsung dalam ruangan Taman Budaya Gerson Poyk dan juga peserta yang mengkutinya secara Virtual dari rumah dan sekolah yang telah ditentukan oleh pihak sekolah maupun yang ditentukan oleh pihak panitia.

Seperti yang disaksikan media ini, Oni memberikan materi-materi berkelas Nasional tentang Dunia Musik, antara lain materi tentang Pertunjukan Musik, Penyajian Musik Tunggal, penyajian musik kelompok terbatas, pertunjukan musik orkesta, penyajian musik tradisional, penyajian musik elektrik, pertunjukan musik berdasarkan jenis lagu dan durasi waktu, Memahami tema acara pertunjukan musik, memahami maksud dan tujuan tema acara pertunjukan musik,memahami sasaran penonton/penikmat musik,Pemilihan lagu-lagu disesuaikan dengan tema acara pertunjukan musik, memperhitungkan durasi per lagu.

Dalam kesempatan ini juga Ony memberikan tips-tips tentang cara penggarapan musik yang baik dan benar serta cara menyanyikan Musik Pertunjukan Kolaborasi yang Harmonisasi.

Setelah menyelesaikan Materinya, Oni memberikan ruang diskusi kepada seluruh peserta yang hadir maupun yang mengikutinya secara virtual. Diskusi lewat Virtual maupun langsung berjalan penuh semangat dan saling bersinergi.

Sehabis diskusi, Oni langsung melakukan praktek penggarapan musik berstandar nasional bersama 40 peserta yang hadir saat itu.

Kepada media ini, Oni mengatakan, lewat diskusi dan paraktek musik, dia mengakui bahwa anak-anak NTT cukup berbakat dan perlu didukung terus agar mereka bisa lebih terasah dalam penggarapan musik yang berkualitas handal secara nasional maupun Internasional.

“ Anak-anak NTT cukup kreatif dan jika dibina terus maka kedepanya mereka akan mampu bersaing ketingkat nasional dan internasional,”papar Oni.( FNI/Putri)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here