Beranda Peristiwa DATA TERKINI DAMPAK BENCANA ANGIN TOPAN, LONGSOR DAN BANJIR, AKIBAT SIKLON TROPIS...

DATA TERKINI DAMPAK BENCANA ANGIN TOPAN, LONGSOR DAN BANJIR, AKIBAT SIKLON TROPIS SEROJA DI KABUPATEN KUPANG

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Ketua Posko Komando Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha, lewat Siaran Pers pada hari Sabtu, 24 April 2021, menyampaikan data terkini terkait dampak bencana angin topan, longsor dan banjir, akibat Siklon Ttropis Seroja yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Kupang.

Lewat Siaran Pers yang dterima media ini, Obet Hala, yang juga adalah Setda Kabupaten Kupang itu,  menyampaikan bahwa  Pemerintah Kabupaten Kupang telah melakukan berbagai upaya transisi darurat menuju pasca bencana. Sejak tanggal 22 sampai tangga 24 april tim Jitupasna Kabupaten Kupang telah ditugaskan ke 24 kecamatan terdampak untuk melakukan uji publik, sekaligus melakukan Validasi Data kerusakan rumah yang telah direkap oleh posko tanggap darurat.

Dia mengatakan,  hasil Validasi yang dilakukan, akan dihimpun besok, tanggal 25 april dan akan ditetapkan selanjutnya sebagai jumlah rumah rusak akibat bencana. penetapan ini dijadikan dasar bagi Bupati Kupang melakukan pengusulan Tahap I ( Satu) bantuan stimulan pembangunan rumah ke pemerintah pusat melalui BNPB.

“Kami menyadari bahwa hasil Validasi dilapangan dapat memberikan masukan dan koreksi terhadap data kerusakan rumah yang telah direkap sebelumnya”ucapnya.

Dijelaskannya  bahwa masukan tambahan tersebut akan digunakan sebagai data tambahan, untuk selanjutnya akan disampaikan ke BNPB melalui usulan Bupati kupang Tahap II (dua).

“Kami telah mengeluarkan pengumuman resmi dari posko tanggap darurat. harapannya semua masyarakat ataupun Pemerintah Desa/Kelurahan dapat memahami proses yang akan dilakukan pemerintah. seluruh data rumah rusak, bisa dilihat pada papan pengumuman Desa atau Kelurahan”jelasnya.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat, apabila  dalam pengumuman tersebut, ada kepala keluarga yang belum terdata, silahkan laporkan ke kami dengan menggunakan format yang telah kami sampaikan. Laporan tersebut diharapkan telah dilengkapi dengan bukti kerusakan, dokumen kependudukan yang sah, dan surat keterangan dari masing-masing Desa/Lurah.

Diharapkan bahwa dengan dikeluarkannya pengumuman resmi ini, kami berharap tidak ada lagi kepanikan dan kerisauan ataupun permasalahan dilapangan. Percayalah kepada Pemerintah. Pemerintah akan mendata secara seksama dan tidak mungkin ada yang terlewati.

Pada kesempatan ini, pihaknya melaporkan bahwa seluruh korban bencana yang terjadi tanggal 5 April 2021 lalu, terdapat  12 orang meninggal dunia, 26 orang alami luka-luka, dan 3 orang dinyatakan hilang sampai dengan saat ini. Jumlah  rumah  terdampak sebanyak  9.081 unit. Kategori rusak berat 2.028 unit, rusak sedang  2.026 unit, rusak ringan 5.027 unit.

“Data ini masih diverifikasi tim pengakjian kebutuhan pasca bencana kabupaten Kupang. Rencananya tanggal 26 april 2021 nanti, seluruh hasil kajian diajukan bersamaan dengan usulan Bupati Kupang ke BNPB untuk dapat bantuan stimulant, bantuan relokasi rumah, serta dana tunggu hunian bagi masyarakat yang rumahnya tidak bisa ditempati lagi”ungkapnya.

Dilaporkan lagi bahwa  untuk sektor infrastruktur dan sarana prasarana publik, data kerusakan sementara yang bisa disampaikan yaitu, jalan sepanjang 102,69 km, fasilitas kesehatan sebanyak 32 unit, fasilitas keagamaan sebanyak 15 unit, fasiitas pendidikan sebanyak 124 unit dan fasilitas pemerintahan sebanyak 45 unit.  Pada sektor ekonomi, data sementara kerusakan dan kerugian yang  bisa disampaikan yaitu, lahan pertanian yang rusak seluas 6.962 ha, sarana prasarana perikanan mencapai 256 unit. sedangkan untuk bidang peternakan, kerugian yang dialami masyarakat korban bencana adalah, ternak sapi yang mati sebanyak 1.614 ekor, babi sebanyak 593 ekor dan kambing sebanyak 629 ekor.

“Ada empat skenario yang telah ditetapkan pemerintah dalam rencana pemulihan dini secepatnya yaitu, melalui kerjasama berbagai pihak. skenario-skenario yang sudah ditetapkan diharapkan bisa berjalan dengan baik. kami juga sementara lakukan koordinasi secara intensif dengan bpkh nusra dan pkh provinsi ntt, untuk kepentingan relokasi rumah warga terdampak ke lokasi dalam kawasan hutan, yang dimungkinkan untuk diputihkan sesuai ketentuan yang berlaku”jelas Obet.

Melalui kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Kupang, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga buat semua pihak yang telah membantu masyarakat Kabupaten Kupang. Semua bantuan itu sungguh berarti untuk  mengurangi beban masyarakat kami selama melewati bencana ini. Dan Biarlah Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan saudara-saudara dengan berkat yang berlimpah.

Dan bagi teman-teman TNI, POLRI dan LSM/NGO yang  bersama kami di posko tanggap darurat kabupaten Kupang, kami terus berharap dampingannya bagi masyarakat terdampak, khususnya di lokasi-lokasi yang terdampak sangat parah. Dan marilah  bersama kita lakukan yang terbaik untuk kabupaten kupang.

“Kami Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan duka mendalam untuk semua korban bencana di kabupaten kupang. Semoga cobaan ini cepat berlalu dan diganti dengan  harapan yang baru. Dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua”ujarnya. (FNI/Red)

Sumber Berita dan Foto : Posko Komando Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Kupang.

Editor : Maria Jessy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

GUB VBL : STUNTING NTT TURUN 3,2 PERSEN “KITA PERLU KERJA KERAS LAGI”

FOCUS NEWS INDONESIA,com, KUPANG - Memang betul terjadi penurunan Stunting tapi jika penurunannya biasa-biasa saja artinya kerja kita kurang maksimal karena yang kita bicarakan...

DIREKTORAT PMMB DAN TAMAN BUDAYA NTT GELAR WORKSHOP PENULISAN NASKAH FILM

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru (Dit.PMMB) Kementerian Pendidikan kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah...

Assessment Center dan Launching Penilaian Kompetensi Berbasis CAT Wujud Prestasi BKD NTT

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyampaikan apresiasi Kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT dan seluruh jajaran yang...

PLBN Cerminan Komitmen Pemerintah Bangun Indonesia dari Kawasan Perbatasan

MERAUKE. FOCUS NEWS INDONESIA.COM - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan cerminan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan. Dengan wajah dan pelayanan...

Albert Riwu Kore Bantah Pernyataan BPR Christa Jaya Soal Penggelapan Sertifikat

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Albert Wilson Riwu Kore , membantah tegas pernyataan BPR Christa Jaya Perdana, yang mengatakan dirinya diduga menggelapkan sejumlah sertifikat...