Beranda POLHUKAM Galian Sumur BOR GERODERE Dihentikan

Galian Sumur BOR GERODERE Dihentikan

KUPANG NTT- Proyek Sumur  Bor di desa Gerodere, kecamatan Boawae, kabupaten   Nagekeo NTT, yang dikerjakan memakai APBD NTT 2019 seninilai 250 Juta, yang baru dikerjakan 13/1/2020 dengan alasan proyek luncuran 2020, hingga saat ini sudah mencapai kedalaman 70 meter namun belum mendapati air bersih.

Proyek tanpa papan nama/plang proyek, tanpa pengawas lapangan, tanpa konsultan pengawas, tanpa kehadiran Kontraktor Pelaksana, tanpa komunikasi yang bersinergi itu, diduga sebagai proyek tertutup alias kurang transparan sehingga pihak kontraktor pelaksana terkesan santai dan tidak serius bekerja dan diduga dilakukan tidak sesuai dengan aturan yang tercantum dalam kontrak.

Karena itu masyarakat Gerodere minta pihak Kontraktor Pelaksana menghentikan pengeboran tersebut dan meminta dinas terkait menghadirkan pihak CV Kasih Budi Mulia selaku Kontraktor Pelaksana sebagai pemenang tender, untuk datang ke Lokasi dan bertanggungjawab atas proyek sumur bor tersebut.

Itulah pernyataan masyarakat desa Gerodere, yang disampaikan oleh Kepala Desa Gerodere, Wilhemus Moni (Wili) dan Ketua BPD Gerodere, Wempi Beu ( Wempy),  yang disampaikan kepada wartawan media ini pada Senin,30/3/2020, lewat Telelepon Selularnya masing-masing.

TIDAK TAHU LAMANYA PROYEK DAN JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU

Kata Kades Willi Moni,  jika saja ia tahu bahwa proyek ini dilakukan sejak september sampai desember 2019 lalu masuk proyek luncuran 2020, yakni ada tambahan waktu 3 bulan lagi, yaitu Januari sampai Maret 2020, maka dirinya tidak tinggal diam untuk berusaha mencari lokasi yang mudah mendapati air, sehingga apabila titik galian pertama tidak berhasil mendapati air maka dapat dipindahkan ke titik lain lagi sehingga waktu 6 bulan (180 hari) tidak terkesan di sia-sia begitu saja.

“Kontraktor Pelaksana tak pernah muncul, Pengawas tidak pernah ada. Kami tanya pekerja apakah ada tanda-tanda mendapati  air, mereka selalu bilang  hanya disuruh menggali saja dan kalau soal ada air atau tidak, itu bukan urusan mereka”, ucap Wili dengan nada kesal.

TITIK GALIAN DITUNJUK LANGSUNG OKNUM PEJABAT DAN PELAKSANA

Wili menjelaskan, titik penggalian sumur bor yang berada di lingkungan tempat tinggalnya, ditunjuk langsung oleh oknum pejabat pengadaan barang dan jasa Pemprov NTT bersama seorang oknum wanita yang mengaku sebagai Kontraktor Pelaksana. Dan setelah tunjuk lokasi, keduanya pulang kupang  dan tak pernah datang lagi.

Lanjutnya, setelah itu datanglah 3 orang pekerja yang ditugaskan mengebor titik yang telah ditunjuk.Masyarakat desa menyambut baik para pekerja dan memberikan dukungan apa adanya sehingga pada tanggal 13 Januari 2020, pekerjaan  mulai dilakukan.

“Mereka bilang di situ ada air, karena itu saya ijinkan bor di lokasi tersebut untuk kepentingan masyarakat Gerodere dan bukan untuk kepentingan pribadi saya atau untuk kepentingan keluarga saya”,tegas Wili.

KADES DAN MASYARAKAT HENTIKAN PEKERJAAN SEMENTARA

Wili, lanjutkan bicaranya, kini kedalaman pengeboran sudah 70 meter dan belum juga mendapati air. Dan karena wilayah desa Gerodere adalah kawasan gunung berapi, maka untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya bersama seluruh masyarakat Gerodere, ambil sikap menghentikan sementara pengeboran di lokasi itu dan meminta pemerintah terkait memerintahkan CV.Kasih Budi Mulia (KBM) segera hadir ke lokasi untuk bertanggungjawab atas pekerjaan tersebut. Jika Kontraktor Pelaksana tetap bersembunyi diri dan menutup komunikasi maka pekerjaan ini tak akan berhasil dengan baik.

DIREKTUR CV KBM SELALU MENGHINDAR SAAT DI TELPON KADES

“Saya berusaha  mendapat nomor HP Direktur CV Kasih Budi Mulia yang bernama Aleks Un, lalu saya telpon dia dan minta datang di lokasi agar bersama mencari solusi jika titik yang digali kemungkinan tidak mendapati air dan segera pindah ke lokasi lain yang berpotensi adanya air bersih, namun Aleks Un selalu beralasan sibuk. Lalu saya telpon berulang kali lagi  tapi  tidak diangkat “ tutur Wilhelmus.

MINTA PEMPROV AMBIL ALIH PEKERJAAN DAN BLACK LIST KONTRAKTOR

Sementara itu, mewakili seluruh masyarakat Gerodere, ketua BPD, Wempy Beu, meminta Pemerintah Provinsi, yakni Dinas Pertambangan ESDM Provinsi NTT, memutuskan hubungan kerja dengan pihak Kontraktor Pelaksana CV Kasih Budi Mulia dalam Proyek tersebut dan mengambil alih pekerjaan lalu diberikan kepada kontraktor lain yang lebih profesional dan bertanggungjawab sehingga impian masyarakat Gerodere soal kebutuhan  air bersih bisa terjawab sesuai harapan selama ini.

Menurut Wempy, jika dugaan titik pertama yang digali itu ternyata tidak berhasil mendapati air bersih, maka dapat dilakukan pengeboran pada titik yang lain dalam wilayah mereka.

Kata Wempi, selaku Ketua BPD, dia bersama seluruh masyarakat Gerodere akan mendukung penuh dan memberikan lokasi yang baru yang berpotensi adanya air bersih untuk di gali demi memenuhi harapan ribuan jiwa masyarakat di desa itu.

“Kami sangat butuh air bersih, kami butuh kontraktor dan pekerja sumur bor  yang profesional dan bertanggungjawab. Masyarakat kami  akan mendukung penuh saat melakukan pengeboran di titik yang baru”,tandas Wempy. (FNI-1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

DPP PWRI KUTUK AKSI KEKERASAN TERHADAP WARTAWAN DI NTT

FOCUS NEWS INDONESIA.com-KUPANG --Terkait kekerasan terhadap wartawan di NTT, PWRI mengutuk keras kepada pihak-pihak yang melakukan kekerasan fisik terhadap pekerja jurnalistik, yakni saudara kita...

USAI JUMPA PERS, WARTAWAN DIANIAYA PREMAN

KUPANG, FOCUS NEWS INDONESIA  – Wartawan Suaraflobamora.Com, FPL dianiaya sejumlah  preman tak dikenal di dekat pintu gerbang masuk/keluar Kantor Perusahaan Daerah (PD) PT. Flobamor,...

INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI NTT RAIH PREDIKAT ‘SANGAT BERHASIL’

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Kinerja Instansi Pemerintah Daerah merupakan gambaran mencapai tujuan dan sasaran pemerintah sebagai penjabaran dari visi, misi maupun strategi instansi...

GBIS Harus Bisa Wujudkan Damai Sejahtera Bagi Dunia

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Demikian disampaikan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) XX Gereja Bethel Injil Sepenuh...

Sarat Konflik, WALHI NTT Desak Pemerintah Segera Hentikan Pembangunan Waduk Lambo

NAGEKEO, Focus News Indonesia.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nusa Tenggara Timur menegaskan kepada Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II),...