Gubernur VBL Resmikan Gedung Kopdit Obor Mas Cabang Utama Kota Kupang

0
37
Foto Berita
Gubernur NTT,Viktor Bungtilu Laiskodat, saat Resmikan Gedung Kopdit Obor Mas cabang Utama kota Kupang (17/12/2021)

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pada Jumat siang (17/12/21) bertempat di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT meresmikan Gedung dan Pembukaan Kantor KSP Kopdit Obor Mas Cabang Utama Kota Kupang.

Kantor koperasi kebanggaan masyarakat NTT tersebut berada di ruko lantai 3 jalan W. J Lalamentik Kota Kupang.

Pada peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong oleh Gubernur VBL tersebut turut pula dihadiri oleh Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas Andreas Mbete, Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja serta Transmigrasi Provinsi NTT Silvy Pekujawang, Staf Khusus Gubernur Bidang Bidang politik, Demokrasi dan Pemerintahan Ima Blegur serta unsur Forkopimda.

Gubernur Laiskodat dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus koperasi atas kinerja dan dedikasinya selama ini yang telah berpartisipasi mengatasi masalah kemiskinan di NTT.

“Kita harus bersyukur dan berbangga karena koperasi Obor Mas adalah salah satu yang terbaik. Langkah-langkah koperasi ini dalam membantu permasalahan kemiskinan sangat saya apresiasi. Agar kita tahu bahwa Provinsi ini kemiskinan ekstrimnya 9 persen, jumlah manusianya kurang lebih 530.830 jiwa, stunting 20,9 persen, artinya jumlah anak stunting hari ini masih 80.909 anak, dan itu masih tinggi. Karena itu, kita sangat berharap koperasi-koperasi yang ada untuk terus menerus membenahi diri, membangun manajemen yang kuat, membangun karakter pengurus serta anggotanya juga, agar kita semua dapat bersinergi untuk membangun Provinsi yang kita cintai ini,”jelas Gubernur Laiskodat.

Ia pun menambahakan bahwa kehadiran koperasi sebagai badan usaha memiliki peran yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan di bidang ekonomi, sosial, dan budaya bagi masyarakat atau antar anggotanya, serta juga memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian nasional dan daerah.

“Provinsi ini sebenarnya sangat kaya. Hanya mindset kita saja yang masih miskin. Oleh karena itu saya mendorong agar koperasi-koperasi yang ada di NTT terlibat serius pada sektor-sektor riil. Contoh paling gampang, misalnya dalam sektor perikanan yang mana dunia luar membutuhkan lobster. Kita memiliki lobster yang hebat. Maka saya minta lewat kesempatan ini, para koperasi khususnya Obor Mas yang hari ini telah membuka cabang ke-20 di Kota Kupang ikut terlibat didalam bagaimana membangun masyarakat pesisir untuk mulai mengelola benur/anakan lobster,” ujar Gubernur Viktor.

“Dan untuk sektor lain, salah satu contoh yang juga sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian kita, yakni kedepan saya harapkan kita dapat memproduksi kecap sendiri dan juga pakan ternak. Kita punya bahan bakunya. Jadi tidak perlu kita mengimpor lagi. Jika kita mau Provinsi ini jadi Provinsi hebat dengan ekonomi masyarakat yang kuat, maka Supply chain atau rantai pasok harus dari kita sendiri. Dan sekali lagi, saya mendorong koperasi-koperasi di NTT untuk dapat berinovasi mengembangkan komoditi lokal,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas Andreas Mbete, dalam sambutannya menyatakan, bahwa tujuan KSP Kopdit Obor Mas membuka kantor-kantor cabang dalam wilayah NTT, yakni untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan masyarakat NTT melalui layanan pinjaman KUR dan LPDB dengan suku bunga yang rendah, sehingga anggota dapat mengembangkan usaha-usaha produktif untuk meningkatkan pendapatan dan perbaikan ekonomi. Hal ini sejalan dengan visi dan program besar Gubernur NTT yaitu membangun ekonomi NTT untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.

Ia juga menjelaskan bahwa, perkembangan KSP Kopdit Obor Mas per 30 November 2021, yaitu memiliki jumlah anggota 117.289 orang, dengan total simpanan Saham dan Non Saham sebesar Rp709,1 miliar lebih, saldo pinjaman yang beredar Rp922,5 miliar lebih, volume pinjaman sampai dengan November 2021 mencapai Rp426,5 miliar, Aset sebesar Rp1,035 triliun, serta jumlah kantor cabang sebanyak 20 unit, dan karyawan 382 orang.

Pada acara tersebut juga ditandai dengan melaunching tiga produk aplikasi milik Kopdit Obor Mas, yakni aplikasi pasar digital Obor Mas (PADIMAS), aplikasi pendaftaran anggota baru online, serta aplikasi pengajuan permohonan kredit online. (FNI/Red)

Sumber : Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT
Editor : Maria Jessy/FNI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here