Inisiatif Memperkuat Ekosistem Musik Tradisional, UPTD Taman Budaya Prov NTT Gelar Linmflobamora 2022

0
15
Foto berita
Foto : Kepala Taman Budaya Provinsi NTT, Sofian Kurniawan (dok FNI)

FOCUS NEWS INDONESIA, KUPANG – UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, provinsi NTT akan menyelenggarakan Lomba Inovasi Musik Flobamora (Linmflobamora) pada bln Oktober 2022 mendatang. Penerimaan pendaftaran peserta dimulai sejak 1 Oktober sampai tanggal 15 Oktober 2022, melalui laman uptd.tamanbudayantt.com.

Kepada media ini, Kepala Taman Budaya Provinsi NTT, Sofian Kurniawan, mengatakan, bahwa juri Linmflobamora 2022, adalah : Dr.chairul memet, Oni Krisnerwinto, S.sn dan Izhu Nisnoni, S.Ark.

“Hasil dari Linmflobamora ini kiranya dapat memperluas publikasi karya-karya musik kreatif dan konsisten terus mengembangkan konsep inovasi semacam ini sehingga panggungnya akan terus berkembang, terus menerus hingga mendunia,” demikian kata Sofian Kurniawan.

Dia menjelaskan, Lomba Inovasi Musik Flobamora tidak hanya berkutat soal perebutan gelar besar dan hadiahnya saja, namun juga ada rangkaian integral dengan berbagai proses edukasi yang intensif, mulai dari podcast tematik, mentoring 25, masterclass, hingga publikasi 10 karya terbaik dalam panggung.

“Final akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 oktober secaralive streaming YouTube, dan pengumuman pemenang pada tanggal 30 Oktober 2022 sekaligus acara Penutupan Program Linmflobamora 2022,” jelasnya.

Dijelaskan lagi, ajang ini terbuka untuk umum, dapat diikuti oleh grup musik dengan jumlah anggota minimal empat orang dan maksimal tujuh orang. Para peserta juga dibebaskan untuk berkolaborasi dengan warga asing (WNA) maksimal satu orang.

“Linmflobamora harus menjadi sarana yang berkontribusi konkrit dalam memperkuat karakter, ketahanan, diplomasi, hingga peningkatan kesejahteraan para pelaku seni musik daerah,” papar Sofian.

Dia mengharapkan, semua seniman musik bisa ikut, baik anak-anak muda dari seluruh kab/kota se NTT maupun dr daerah lain, sehingga lomba ini nantinya dapat memperkuat ekosistem musik tradisi NTT.

“Dengan demikian, Linmflobamora ini tidak berhenti pada inovasi saja namun juga harus mampu membuka peluang industri yang baik untuk memperkuat ekosistem musik tradisional NTT maupun musik nusantara. Lebih dari pengayaan literasi, memperluas apresiasi, dan publikasi karya menjadi pilar penyelenggaraan Linmflobamora,” tutur Sofian.

Menurutnya, Linmflobamora merupakan sebuah kompetisi musik trsdisional yang ditujukan khusus untuk mendorong generasi muda untuk mencintai kekayaan budaya musik tradisi NTT melalui konsep ekspresi yang kreatif, inovatif, dan kekinian tanpa meninggalkan jati diri budaya NTT dan/atau budaya bangsa.

Orientasinya adalah merepresentasikan spirit pelestarian yang dinamis dalam menjawab tantangan global dengan tetap menghadirkan keragaman musik tradisi yang khas.

Diharapkan juga semoga momen yang menggembirakan ini ditanggapi antusias dari masyarakat, khususnya generasi muda dalam berperan serta mengembangkan inovasi musik tradisi NTT melalui berbagai kreativitas yang sangat menjanjikan.

Linmflobamora tahun 2022 akan menjadi tren di kalangan generasi muda musik di NTT dalam mengapresiasi kekayaan musik tradisi NTT melalui sebuah ajang kompetisi yang mendidik.

Kata Sofian, eksistensi dari penyelenggaraan program Linmflobamora ini dapat memperkokoh pijakan kita sebagai yang besar untuk terus menggali nilai-nilai spiritualitas budaya NTT dan/atau budaya Nusantara yang dari musik tradisi.

“Generasi muda Indonesia dapat dipacu untuk terus-menerus mengaktualisasikan kekayaan dan keragaman musik tradisi sebagai materi kreativitas yang diciptakan musik yang mencerminkan semangat Flobamora dan cermin kebhinneka Tunggal Ika dalam konteks saat ini melalui ajang ini,” jelas sofian menutup pembicaraan.

Bagi peserta yang ingin mengikuti ajang ini, dapat mendaftarkan diri  melalui Link pendaftaran: https://bit.ly/lombainovasimusikflobamora, CP: 082359453553 (chat only). Kriteria khusus bagi Peserta Lomba adalah : 1.Aransement yg menarik dan inovatif. 2.Keseimbangan struktur  3. Keunikan yg tak terduga. 4. Kesadaran Balance. 5. Kontras Tempo.Timbre. Dinamik. (FNI/MYessi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here