JALAN RUSAK BELUM DIPERBAIKI PEMKOT KUPANG

0
426
JALAN RUSAK BELUM DIPERBAIKI PEMKOT KUPANG
Kondisi Ruas Jalan Taebenu di Oebufu Kupang

KOTA KUPANG. FOCUS NEWS INDONESIA.COM  – Jalan Taebenu yang berlokasi di RT 04, RW 01, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, longsor dan ambruk akibat Badai  Seroja yang terjadi bulan april lalu dan sampai kini belum diperbaiki oleh Pemerintah Kota Kupang.

Jalan yang ambruk tersebut sepanjang kurang lebih 25 meter dari tikungan menuju belokan kanan ke arah Jembatan masuk kelurahan Liliba. Ruas jalan tersebut juga sangat dibutuhkan warga kota Kupang untuk bepergian ke Bandara Eltari dan 3 Kelurahan yang ada diseberang yakni Kelurahan Liliba, Naimata dan Kelurahan Penfui.

“ Pihak Pemkot lewat Dinas Pekerjaan Umum pernah datang melihat masalah ini namun sampai saat ini belum ada upaya perbaikan,”ucap bapak Coltin Dethan, yang adalah tokoh warga di wilayah tersebut, ketika ditemui media ini di lokasi, pada Rabu (14/09/2021).

Warga mengharapkan pihak pemerintah Kota Kupang menanggapi serius masalah jalan tersebut dan segera melakukan upaya perbaikan sehingga masyarakat Kota Kupang bisa menggunakan lagi jalan tersebut.

“Ada ribuan jiwa yang tinggal di seberang jalan. Mereka sangat membutuhkan jalan ini karena bisa lebih cepat mengakses masuk ke pusat kota Kupang,” ucap  Choltin Dethan (60 tahun).

Mewakili warga, Colthin menjelaskan, bersedia memberikan tambahan tanah selebar 2 meter sepanjang jalan rusak. Warga juga akan memberikan tambahan lebar 4 meter pada tikungan belokan kiri menurun sehingga bertambah luas untuk olah gerak kendaraan yang lewat.

“Karena Longsor dan Ambruk ke bawah  dengan patahan lebar serta berlubang-lubang maka kami menutup sementara lintasan jalan, untuk mengindari kecelakaan bagi kendaraan,” tutur Choltin.

Pantaun langsung media ini di lokasi kejadian, terlihat patahan parah pada tikungan kiri menurun dan juga patahan menurun saat hendak menuju belokan kanan  ke arah Jembatan.Jarak antara patahan 1 dan  2 kurang lebih 25 meter. Badan jalan sepanjang kurang lebih 25 meter itu retak-retak pecah berlubang. Sedangkan bahu jalan terlihat retak-retak terancam longsor. Jalan dari patahan 1 ke patahan 2 tampak ambruk jatuh menurun ke bawah sekitar 30 Cm. (Maria Jessi/FNI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here