Beranda Technology KEMENKOMINFO : Akan Hentikan Siaran TV Analog Tahun 2022

KEMENKOMINFO : Akan Hentikan Siaran TV Analog Tahun 2022

JAKARTA, FOCUS NEWS INDONESIA.com – Secara serentak mulai Tanggal 2 November Tahun 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut akan menghentikan siaran televisi analog dan menggantinya dengan siaran televisi digital.

Dalam prakteknya masyarakat pengguna tv tabung atau analog masih bisa menikmati siaran televisi, tapi diperlukan alat khusus untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga dapat ditayangkan di tv analog. Namun ada baiknya segera berpindah ke tv digital karena memiliki banyak kelebihan.

Pergantian serentak dari tv analog ke tv digital ini dilakukan mengingat perkembangan zaman yang kian maju dan teknologi yang semakin canggih. Selain itu, efisiensi juga menjadi salah satu faktor migrasi tv analog ke tv digital.

Adapun pengertian dan kelebihan dari TV Digital :

  1. Pengertian TV Digital

Dilansir dari berbagai sumber, mengatakan bahwa  Tv digital adalah penggunaan aplikasi teknologi digital pada sistem penyiaran televisi yang sudah dikembangkan sejak tahun 90an dan mulai diuji coba sejak awal tahun 2000. Di awal kemunculannya, penyiaran sistem digital tersebut dilakukan secara Simulcast atau siaran bersama dengan siaran analog sebagai media atau transisi.

  1. Kelebihan TV Digital

-Sinyal Lebih Stabil : Pada tv analog, semakin jauh dengan lokasi stasiun pemancar televisi, maka signal penyiaran akan semakin melemah dan gambar yang ditampilkan akan semakin buruk. Sedangkan tv digital terus menyiarkan gambar dan suara yang jernih sampai pada titik signal tidak dapat diterima lagi.

-Memiliki Dua Status Penyiaran TV Digital : Penyiaran TV digital hanya mengenal dua status: Terima (1) atau Tidak (0). Artinya, apabila perangkat penerima siaran digital dapat menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, jika sinyal tidak diterima maka gambar-suara tidak muncul.

Suara dan Gambar Lebih Jernih : Melansir dari Kominfo, kualitas suara dan gambar pada siaran tv digital jauh lebih baik dibandingkan dengan tv analog. Pada tv digital, Anda tidak akan menemui gambar yang berbayang atau noise (bintik-bintik semut) pada layar televisi.

Terdapat Berbagai Fasilitas Tambahan : Bagi para pengguna tv digital, tak hanya dimanjakan dengan siaran televisi yang jernih dan stabil, namun juga bisa mendapatkan fasilitas tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) yakni fasilitas untuk mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan. Pengguna juga bisa langsung menilai kualitas penyiaran dengan memberikan rating terhadap program televisi yang ditonton.

Demikian penjelasan tentang TV Digital dan Kelebihannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. (FNI/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Fraksi Nasdem Apresiasi Keberhasilan Gubernur NTT Lobi Pempus Kelola TN Komodo

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terlibat secara langsung dalam pengelolaan Taman Nasional Komodo...

Wagub Josef Nae Soi Minta Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Transformasi Pelayanan Publik dengan kerja yang sistematis dapat menghasilkan outcome berupa peningkatan kualitas pelayanan publik yang sebagaimana diharapkan oleh...

Bharada E Buka Mulut, RR dan K Jadi Tersangka Baru

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA – Memasuki babak akhir, perlahan sandiwara kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Yosua di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen...

HARI INI TIMSUS KAPOLRI AKAN GELAR PERKARA PEMBUNUHAN BRIGADIR J : RR dan K TERSANGKA BARU

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA – tvonenews.com memberitakan bahwa  tim khusus atau Timsus yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menggelar perkara terkait...

RAPBN 2023 Akan Dirancang Fleksibel untuk Redam Guncangan Ekonomi Global

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 akan dirancang agar mampu menjaga fleksibilitas dalam mengelola gejolak perekonomian...