Beranda POLHUKAM KETUM PWRI : PWRI TIDAK BERAFILIASI DENGAN DPI DAN TETAP IKUTI KETENTUAN...

KETUM PWRI : PWRI TIDAK BERAFILIASI DENGAN DPI DAN TETAP IKUTI KETENTUAN DEWAN PERS

FOCUS NEWS INDONESIA.COM

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DR. Suriyanto PD, SH,MH, M.Kn, menegaskan bahwa PWRI bukan bagian dari Dewan Pers Indonesia (DPI).

Suriyanto menegaskan hal tersebut, mensikapi pemberitaan di sejumlah media online, terkait klaim Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI) Hience Mandagi, bahwa PWRI merupakan bagian atau anggota DPI.

” Tidak benar, saya selaku Ketua Umum PWRI tidak pernah menyatakan bergabung dengan Dewan Pers Indonesia atau DPI. Ini saya luruskan, agar tidak terjadi kesimpang siuran pemberitaan. Sebagai sahabat saya sangat mengenal saudara saya Hience Mandagi, sebagai sahabat yang baik, namun secara organisasi, saya tidak pernah menyatakan bergabung dengan DPI,” kata Suriyanto kepada awak media di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2020.

Suriyanto berujar, PWRI tidak pernah terlibat dalam pembentukan Dewan Pers Indonesia (DPI). Namun demikian, pakar hukum pers ini mengapresiasi terbentuknya organisasi profesi tersebut.

Suriyanto mengatakan, sebagai organisasi profesi, PWRI akan tetap mengacu pada ketentuan konstitusi yang ada saat ini, dimana Dewan Pers merupakan satu-satunya lembaga yang menaungi pers dan dibentuk berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

” PWRI akan tetap mengacu pada Dewan Pers, karena merupakan lembaga yang menaungi pers, yang dibentuk berdasarkan amanat konstitusi. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa PWRI mengikuti ketentuan Dewan Pers, dan Insha Allah kita sedang mempersiapkan diri agar bisa segera menjadi konstituen Dewan Pers,” tegasnya.

Sebelumnya beredar pemberitaan di sejumlah media online bahwa PWRI merupakan anggota Dewan Pers Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI) Hience Mandagi melalui siaran pers yang dirilis sejumlah media pada  Rabu (12/8/2020).

Dalam siaran pers tersebut, Hience menyebut di DPI ada 11 organisasi pers yang tercatat sebagai konstituen, diantaranya Serikat Pers Republik Indonesia, Persatuan Wartawan Republik Indonesia, Forum Pers Independen Indonesia, Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia, Himpunan Insan Pers Seluruh Indonesia, Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara, Perserikatan Journalist Siber Indonesia, Komite Wartawan Pelacak Profesional Indonesia, Sindikat Wartawan Indonesia, Aliansi Wartawan Indonesia dan Asosiasi Kabar Online Indonesia.

SUMBER : SIARAN PERS PERSATUAN WARTAWAN REPUBLIK INDONESIA (PWRI)

EDITOR    : MARIA JESSY/FNI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

GUB VBL : STUNTING NTT TURUN 3,2 PERSEN “KITA PERLU KERJA KERAS LAGI”

FOCUS NEWS INDONESIA,com, KUPANG - Memang betul terjadi penurunan Stunting tapi jika penurunannya biasa-biasa saja artinya kerja kita kurang maksimal karena yang kita bicarakan...

DIREKTORAT PMMB DAN TAMAN BUDAYA NTT GELAR WORKSHOP PENULISAN NASKAH FILM

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru (Dit.PMMB) Kementerian Pendidikan kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah...

Assessment Center dan Launching Penilaian Kompetensi Berbasis CAT Wujud Prestasi BKD NTT

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyampaikan apresiasi Kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT dan seluruh jajaran yang...

PLBN Cerminan Komitmen Pemerintah Bangun Indonesia dari Kawasan Perbatasan

MERAUKE. FOCUS NEWS INDONESIA.COM - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan cerminan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan. Dengan wajah dan pelayanan...

Albert Riwu Kore Bantah Pernyataan BPR Christa Jaya Soal Penggelapan Sertifikat

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Albert Wilson Riwu Kore , membantah tegas pernyataan BPR Christa Jaya Perdana, yang mengatakan dirinya diduga menggelapkan sejumlah sertifikat...