Beranda POLHUKAM KETUM PWRI : PWRI TIDAK BERAFILIASI DENGAN DPI DAN TETAP IKUTI KETENTUAN...

KETUM PWRI : PWRI TIDAK BERAFILIASI DENGAN DPI DAN TETAP IKUTI KETENTUAN DEWAN PERS

FOCUS NEWS INDONESIA.COM

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DR. Suriyanto PD, SH,MH, M.Kn, menegaskan bahwa PWRI bukan bagian dari Dewan Pers Indonesia (DPI).

Suriyanto menegaskan hal tersebut, mensikapi pemberitaan di sejumlah media online, terkait klaim Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI) Hience Mandagi, bahwa PWRI merupakan bagian atau anggota DPI.

” Tidak benar, saya selaku Ketua Umum PWRI tidak pernah menyatakan bergabung dengan Dewan Pers Indonesia atau DPI. Ini saya luruskan, agar tidak terjadi kesimpang siuran pemberitaan. Sebagai sahabat saya sangat mengenal saudara saya Hience Mandagi, sebagai sahabat yang baik, namun secara organisasi, saya tidak pernah menyatakan bergabung dengan DPI,” kata Suriyanto kepada awak media di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2020.

Suriyanto berujar, PWRI tidak pernah terlibat dalam pembentukan Dewan Pers Indonesia (DPI). Namun demikian, pakar hukum pers ini mengapresiasi terbentuknya organisasi profesi tersebut.

Suriyanto mengatakan, sebagai organisasi profesi, PWRI akan tetap mengacu pada ketentuan konstitusi yang ada saat ini, dimana Dewan Pers merupakan satu-satunya lembaga yang menaungi pers dan dibentuk berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

” PWRI akan tetap mengacu pada Dewan Pers, karena merupakan lembaga yang menaungi pers, yang dibentuk berdasarkan amanat konstitusi. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa PWRI mengikuti ketentuan Dewan Pers, dan Insha Allah kita sedang mempersiapkan diri agar bisa segera menjadi konstituen Dewan Pers,” tegasnya.

Sebelumnya beredar pemberitaan di sejumlah media online bahwa PWRI merupakan anggota Dewan Pers Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI) Hience Mandagi melalui siaran pers yang dirilis sejumlah media pada  Rabu (12/8/2020).

Dalam siaran pers tersebut, Hience menyebut di DPI ada 11 organisasi pers yang tercatat sebagai konstituen, diantaranya Serikat Pers Republik Indonesia, Persatuan Wartawan Republik Indonesia, Forum Pers Independen Indonesia, Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia, Himpunan Insan Pers Seluruh Indonesia, Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara, Perserikatan Journalist Siber Indonesia, Komite Wartawan Pelacak Profesional Indonesia, Sindikat Wartawan Indonesia, Aliansi Wartawan Indonesia dan Asosiasi Kabar Online Indonesia.

SUMBER : SIARAN PERS PERSATUAN WARTAWAN REPUBLIK INDONESIA (PWRI)

EDITOR    : MARIA JESSY/FNI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Fraksi Nasdem Apresiasi Keberhasilan Gubernur NTT Lobi Pempus Kelola TN Komodo

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terlibat secara langsung dalam pengelolaan Taman Nasional Komodo...

Wagub Josef Nae Soi Minta Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Transformasi Pelayanan Publik dengan kerja yang sistematis dapat menghasilkan outcome berupa peningkatan kualitas pelayanan publik yang sebagaimana diharapkan oleh...

Bharada E Buka Mulut, RR dan K Jadi Tersangka Baru

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA – Memasuki babak akhir, perlahan sandiwara kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Yosua di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen...

HARI INI TIMSUS KAPOLRI AKAN GELAR PERKARA PEMBUNUHAN BRIGADIR J : RR dan K TERSANGKA BARU

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA – tvonenews.com memberitakan bahwa  tim khusus atau Timsus yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menggelar perkara terkait...

RAPBN 2023 Akan Dirancang Fleksibel untuk Redam Guncangan Ekonomi Global

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 akan dirancang agar mampu menjaga fleksibilitas dalam mengelola gejolak perekonomian...