Beranda Peristiwa Momentum HPN 2021, Ketum PWRI Ajak Insan Pers Tingkatkan Profesionalisme

Momentum HPN 2021, Ketum PWRI Ajak Insan Pers Tingkatkan Profesionalisme

JAKARTA, FOCUS NEWS INDONESIA.com – Momentum Hari Pers Nasional, 9 Februari 2021 harus menjadi momentum bagi insan pers untuk meningkatkan profesionalisme, memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme, untuk bersama-sama membangun bangsa ini.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, menyampaikan hal ini, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, 9 Februari 2021.

“ Melalui momentum Hari Pers Nasional ini, saya mengajak seluruh wartawan maupun perusahaan pers nasional, khususnya yang tergabung di PWRI, untuk meningkatkan profesionalisme, memperkuat jiwa nasionalisme dan idealisme, untuk bersama-sama membangun bangsa ini ke depan,” kata Suriyanto di Jakarta, Selasa 9 Februari 2021, siang.

SDM pers, kata Suriyanto, bukan hanya pada industrinya saja, namun sangat tergantung pada kualitas insan persnya sendiri.

“ Dunia pers, sangat dinamis, dan mengalami tantangan dari waktu ke waktu, apalagi di tengah era digitalisasi yang berkembang sangat pesat. Untuk itu penguatan SDM di bidang pers, harus terus dilakukan, khususnya anggota PWRI,”  ujarnya.

Ketum PWRI juga mengungkapkan, sebagai ruang publik yang dapat melakukan kontrol, tentunya pers memiliki peran yang sangat strategis untuk dapat menyuarakan berbagai hal yang sesuai dengan kaidah jurnalistik agar dapat menjadi koreksi dan informasi dini kepada para pemangku kebijakan.

Selain itu, kata Doktor Ilmu Hukum ini, pers juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat luas agar kiranya dapat mengetahui, mamahami melalui pemberitaan yang benar dan berimbang.

Selain itu, peran serta pers di masa pandemi ini juga  menjadi salah satu kunci  keberhasilan dalam penanganan COVID-19 yang tengah dilakukan dengan sekuat tenaga oleh pemerintah.

“ Kita harus bersama-sama membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait penanganan Covid-19. Peran pers sangat penting, dalam memberangus berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat, terkait penanganan Covid-19,” tuturnya.

“ Untuk itu, bersama kita berikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat agar dapat teredukasi, termotivasi agar semakin optimis dan tegar dalam menghadapi pandemi ini, tentunya dengan disiplin serta menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas kita, dan selalu menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari COVID-19,” pungkasnya. ( Jagad )

Sumber : Siaran Pers DPP PWRI

Editor    : Maria Jessy/ FNI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

GUB VBL : STUNTING NTT TURUN 3,2 PERSEN “KITA PERLU KERJA KERAS LAGI”

FOCUS NEWS INDONESIA,com, KUPANG - Memang betul terjadi penurunan Stunting tapi jika penurunannya biasa-biasa saja artinya kerja kita kurang maksimal karena yang kita bicarakan...

DIREKTORAT PMMB DAN TAMAN BUDAYA NTT GELAR WORKSHOP PENULISAN NASKAH FILM

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru (Dit.PMMB) Kementerian Pendidikan kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah...

Assessment Center dan Launching Penilaian Kompetensi Berbasis CAT Wujud Prestasi BKD NTT

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyampaikan apresiasi Kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT dan seluruh jajaran yang...

PLBN Cerminan Komitmen Pemerintah Bangun Indonesia dari Kawasan Perbatasan

MERAUKE. FOCUS NEWS INDONESIA.COM - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan cerminan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan. Dengan wajah dan pelayanan...

Albert Riwu Kore Bantah Pernyataan BPR Christa Jaya Soal Penggelapan Sertifikat

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Albert Wilson Riwu Kore , membantah tegas pernyataan BPR Christa Jaya Perdana, yang mengatakan dirinya diduga menggelapkan sejumlah sertifikat...