Beranda POLHUKAM Nasabah Keberatan Kejari Jakpus Jadi Kuasa Hukum Jiwasraya

Nasabah Keberatan Kejari Jakpus Jadi Kuasa Hukum Jiwasraya

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, JAKARTA – Kuasa Hukum Nasabah Jiwasraya menolak penunjukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat (Jakpus) sebagai Kuasa Hukum PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

Penolakan itu disampaikan Kuasa Hukum Nasabah (Penggugat) dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakpus pada Selasa (26/4/21).

Sidang dalam perkara PKPU PT Asuransi Jiwasraya (Persero) memasuki agenda Jawaban dari Termohon PKPU.

Dalam persidangan tersebut Kuasa Hukum Pemohon PKPU, Frengky Richard Mesakaraeng, SH  menyampaikan keberatan terhadap Penunjukkan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat sebagai Kuasa Hukum PT Asuransi Jiwasraya (Persero) selaku Termohon PKPU.

“Alasan kami mengajukan keberatan terhadap penunjukan kejaksaan negeri Jakarta Pusat selaku kuasa dari Termohon PKPU karena tidak ada aturan yang memberikan ruang bagi institusi kejaksaan untuk bertindak selaku kuasa dari suatu pihak yang menjadi Termohon PKPU dalam permohonan PKPU di pengadilan niaga,” tandas Masakaraeng.

Menurutnya, penunjukan Kejari Jakpus dalam perkara PKPU tersebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan Pasal 2 ayat (2) Undang-Undang No 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan Dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

“Kewenangan Kejaksaan dibatasi hanya untuk mengajukan permohonan Kepailitan mewakili kepentingan Kreditur untuk kepentingan umum. kepentingan umum disini tidak bisa dimaknai secara bebas tapi harus melihat konteks dan aturan hukum yang belaku,” ujar Masakaraeng.

Pembatasan kewenangan kejaksaan dalam urusan Kepailitan dan PKPU, paparnya,  juga dipertegas dalam Keputusan Mahkamah Agung Nomor : 109/KMA/SK/IV/2020 tentang Pemberlakuan Buku Pedoman Penyelesaian Perkara Kepailitan Dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.

“Dimana disebutkan Kejaksaan hanya bisa mengajukan permohonan Kepailitan (Selaku Kreditur) untuk kepentingan umum,” tegasnya.

Sidang selanjutnya akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 April 2021 dengan agenda pembuktian dari Pemohon PKPU. (FNI/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Satgas Yonif 144/JY Gelar Sweeping Jalur Non Prosedural di Perbatasan

FOCUS BEWS INDONESIA.com, JAKARTA, tniad.mil.id - Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY melaksanakan sweeping di jalan non prosedural Desa Sungai Seria Kecamatan Sintang Kabupaten...

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kunjungi Kawasan UMKM di Bazaar Mandalika

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, NTB - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi kawasan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Bazaar Mandalika, Kabupaten...

Terdapat 7 Aturan Aneh di Negara Lain yang Sepintas Tak Masuk Akal

FOCUS NEWS INDONESIA.com - Tentunya setiap Pemimpin di Negara-Negara lain punya gaya kepemimpinan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Setiap Pemimpin punya karakter, sudut...

Presiden Terima Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

FOCUS NEWS INDONESIA.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum...

Ritual Adat Sewu Api Suku Lio : Ungkapan Syukur dan Permohonan

ENDE, FOCUS NEWS INDONESIA.COM - Ritual adat sewu api merupakan ritual adat tahunan yang dilaksanakan di tanah ulayat Desa Mukusaki (tana pu’u muku lisa...