Pater Gregorius Neonbasu, SVD : Kebudayaan Lokal Adalah Tambang Emas Dunia Kepariwisataan

0
252
Foto
Pater Gregorius Neonbasu,SVD
FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Antropolog dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Pater Gregorius Neonbasu, SVD, mengatakan bahwa kebudayaan lokal  adalah tambang emas bagi dunia kepariwisataan di NTT.
Hal tersebut diungkapkan oleh Pater Gregorius Neonbasu, SVD, saat diwawancarai wartawan media ini pada beberapa waktu yang lalu di Kupang.
Katanya bahwa kebudayaan lokal menjadi tambang emas dunia kepariwisataan karena hal tersebut sudah terbukti dibeberapa daerah lainnya yang sukses membangun kepariwisataannya dengan suguhan utama adalah kebudayaan lokal yang dimiliki masyarakat.
“Kebudayaan Lokal kita di NTT sangat banyak. Dan mestinya Pemerintah Provinsi NTT, melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan, melibatkan para pegiat budaya dan seni untuk bersinergi mendukung kepariwisataan kita,”ucap Pater Gregorius Neonbasu, saat dihubungi media ini pada beberapa waktu lalu.
Katanya, sinergisitas antara Pemrov dengan para pegiat budaya dan seni adalah cara tepat untuk mengais kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat.
Dijelaskanya, bahwa butir-butir budaya dan tradisi serta berbagai warisan leluhur merupakan POTENTIAL POWER bagi dinamika pembangunan untuk mereview aneka pendekatan yang selama ini digelar dalam kerangka membangun manusia dan masyarakat NTT.
Berkenaan dengan betapa pentingnya kebudayaan, tradisi dan warisan leluhur, maka kebudayaan lokal yang ada di NTT merupakan sesuatu yang mutlak dan perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin.
“NTT sangat kaya dengan pegiat budaya, namun nampaknya tidak diaktifkan sebagaimana mestinya. NTT punya harta karun budaya dan tradisi yang cukup banyak, namun belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya,”tandasnya. (Pieter/FNI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here