PEMERINTAH INDONESIA TUTUP PINTU MASUK BAGI WNA UNTUK CEGAH VARIAN BARU VIRUS COVID-19

0
52

FOCUS NEWS INDONESIA.COM

JAKARTA – Pemerintah Indonesia  menutup pelabuhan laut, darat dan udara untuk mencegah warga Negara Asing (WNA)  masuk ke Indonesia sebagai upaya mengantisipasi kemunculan varian baru virus Covid-19 yang muncul di sejumlah negara.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi,  mengatakan,  Keputusan ini  diambil pemerintah Indonesia dalam  rapat kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada hari Senin (28/12/2020).

” Saat ini muncul pemberitaan varian baru virus Covid-19. Sesuai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat. Karena itu Rapat dalam kabinet terbatas pada 28 Desember memutuskan menutup sementara penerbangan internasional yang dimulai  pada tanggal 1 sampai 14 Januari 2021, untuk mencegah masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia,” ungkap Retno saat konfrensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin 28 Desember 2020.

Kata Menteri, warga megara asing yang tiba di Indonesia hari ini, Senin (28/12/2020) hingga 31 desember 2020 wajib menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 PCR di negara asal yang berlaku 48 jam sebelum jam keberangkatan, serta melampirkan hasil tersebut saat pemeriksaan kesehatan di Indonesia.

Untuk wilayah perbatasan, , warga negara asing wajib melakukan tes ulang Covid-19 dengan sistem PCR, dan bila hasilnya negatif, warga asing itu wajib menjalani karantina selama 5 hari. Setelah karantina 5 hari, warga asing tersebut wajib menjalani tes ulang, dan apabila tetap negatif, akan dipersilahkan melanjutkan perjalanan di Indonesia.

Bagi warga negara Indonesia yang akan pulang dari luar negeri ke Indonesia  tetap diperbolehkan sesuai aturan Pasal 14 UU No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, namun wajib menjalani persyaratan seperti warga negara asing yang masuk ke Indonesia.

Retno Marsudi Menjelaskan, Persyaratan yang dimaksudkan adalah  menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 PCR dari negara asal, yang berlaku 48 jam sebelum keberangkatan. Saat tiba di Indonesia, WNI tersebut wajib menjalani tes ulang Covid-19 PCR dan apabila hasilnya menunnukan Negatif, WNI tersebut akan masuk karantina selama 5 hari di tempat yang telah disediakan oleh  pemerintah Indonesia. ( FNI/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here