POLRI HENTIKAN LAPORAN PELECEHAN OLEH ISTERI FERDY SAMBO

0
12
Foto
Konferensi Pers oleh Mabes Polri (Dok.Kompas TV)

FOCUS NEWS INDONESIA.COM – Tim penyidik Bareskrim Polri telah menghentikan penyidikan kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, serta penodongan senjata dengan terlapor Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) diterbitkan berdasarkan hasil gelar perkara yang dipimpin Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto bersama tim penyidik yang dilakukan pada Jumat (12/8) sore.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan dua laporan polisi yang dihentikan penyidikannya dengan Nomor: LP/368/ A/VII/2022 SPKT Polres Metro Jakarta Selatan tanggal 8 Juli 2022, tentang dugaan tindak pidana percobaan pembunuhan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 338 KUHP Jo pasal 53 KUHP.

“Dimana laporan ini, tempatnya di Jakarta pada hari Jumat (8/7) sekitar pukul 17.00 Wib bertempat di Komplek Duren Tiga no 46. Pelapor adalah Briptu Martin Gabe, anggota Polres Metro Jakarta Selatan, dengan korban Bharada RE, terlapor Brigadir J,” kata Brigjen Andi Rian kepada wartawan di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (12/8) malam.

Kemudian yang kedua, terkait laporan polisi: LPB/1630/VII/2022 SPKT Polres Metro Jakarta Selatan, Polda Metro Jaya, tanggal 9 Juli 2022 tentang kejahatan terhadap kesopanan dan atau perbuatan memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dan atau kekerasan seksual.

Hal tersebut, kata dia, sebagaimana dimaksud pasal 289 KUHP dan atau pasal 335 KUHP, dan atau pasal 4 Jo pasal 6 UU RI Nomor 12 tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual.

“Dimana waktu kejadian diduga pada Jumat 8 Juli sekitar pukul 17.00 wib, bertempat di komplek Polri Duren tiga, dengan pelapor Putri Candrawathi, dan terlapor Brigadir J,” ujarnya.

Dengan demikian, jenderal polisi bintang satu ini menyatakan berdasarkan hasil gelar perkara menyimpulkan telah menghentikan penyidikan terhadap dua perkara kasus pelecehan seksual dan penodongan senjata.

“Kedua perkara ini kita hentikan penyidikannya karena tidak ditemukan peristiwa pidana. Bukan merupakan peristiwa pidana,” ujarnya.

Sementara saat ini Bareskrim sedang menangani laporan polisi (LP) terkait dugaan pembunuhan berencana dengan korban Brigadir Joshua (J).

“Oleh karena itu, berdasarkan hasil gelar perkara tadi, perkara ini dihentikan penanganannya,” tegasnya.

Sebelumnya, polisi akan memeriksa ulang berita pemeriksaan dari kasus adu tembak Brigadir J dan Bharada E di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Pemeriksaan itu merupakan laporan yang dilimpahkan dari Polda Metro Jaya atas dasar tuduhan pengancaman dan pelecehan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi selaku istri Ferdy Sambo.

Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto mengatakan, tim khusus dalam penyidikannya akan mengaudit laporan polisi tersebut.

Audit itu guna menemukan kesalahan atau kecacatan prosedur dalam proses hukum kasus ini.

“Penyidik lagi teliti kelengkapan BP (berkas perkara) limpahan dari PMJ (Polda Metro Jaya), kemungkinan penyidik akan minta diaudit oleh Timsus terhadap prosesnya,” kata Agus saat dikonfirmasi, Jumat (5/8).

Agus melanjutkan dilakukan audit itu juga untuk membuktikan dugaan penyimpangan dalam prosedur yang dijalani penyidik.

Laporan tersebut merupakan hibah dari Polres Metro Jakarta Selatan ke Polda Metro Jaya hingga akhirnya diterima Bareskrim Mabes Polri.

“Supaya clear dan harus disesuaikan dengan bukti-bukti yang kita miliki secara ilmiah,” ujar Agus.(FNI/Pieter)

Sumber : Forumterkininews.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here