Beranda Peristiwa PRESIDEN JOKO WIDODO: SUMPAH PEMUDA MEMBAWA ENERGI POSITIF YANG MENYATUKAN

PRESIDEN JOKO WIDODO: SUMPAH PEMUDA MEMBAWA ENERGI POSITIF YANG MENYATUKAN

FOCUS NEWS INDONESIA.COM

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menegaskan, semangat Sumpah Pemuda yang terjadi pada 92 tahun silam, harus dijaga untuk menghadapi perubahan dunia yang cepat. “Kini, 92 tahun telah berlalu, semangat Sumpah Pemuda harus terus menyala menghadapi dunia yang berubah dengan cepat,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 dan Peresmian Televisi Republik Indonesia (TVRI) Stasiun Papua Barat secara virtual, di Jakarta, Rabu (28/10).

Lebih lanjut dikatakan, dalam arus besar globalisasi, sering terjadi persaingan antarnegara dan antarindividu. Kompetisi tersebut tidak jarang berujung pada upaya saling mengalahkan dan menghancurkan. Hal tersebut menjadi energi negatif yang merugikan semua pihak. Presiden Jokowi menegaskan, permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan cara bersatu dan bekerja sama.

“Sumpah Pemuda justru membawa energi positif yang menyatukan. Persaingan dan perbedaan tidak harus membuat kita melupakan adanya masalah-masalah bersama, kepentingan-kepentingan bersama, maupun tujuan-tujuan bersama. Yang semuanya bisa kita selesaikan dengan cara bersatu dan bekerja sama,” jelasnya.

Ditegaskan, kunci untuk mencapai Indonesia Maju adalah bersatu dan bekerja sama. Dalam hal ini, Jokowi meminta agar upaya-upaya untuk menjaga persatuan harus terus dilakukan. “Kita harus bekerja sama merawat keindonesiaan. Keindonesiaan harus selalu dijaga dengan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan. Kita harus saling membantu satu sama lain dalam semangat solidaritas,” tegasnya.

Kepala Negara juga meminta untuk memperjuangkan persatuan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Ditambahkan, untuk mewujudkan Indonesia yang satu, seluruh komponen bangsa harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata. Membangun Indonesia sentris dengan membangun dari pinggiran, desa, pulau terdepan, hingga perbatasan.

“Kita juga membangun infrastruktur yang memudahkan konektivitas antarwilayah, antarpulau untuk mempersatukan Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga meresmikan Stasiun TVRI di Papua Barat. Menurutnya, salah satu sarana untuk mengetahui wajah Indonesia dan berbagai perkembangan yang terjadi di Indonesia dan dunia adalah melalui televisi. Peresmian tersebut juga dilakukan untuk menegaskan keseriusan komitmen menjaga persatuan dan pemerataan akses informasi, di momen Sumpah Pemuda yang ke-92 ini.

“TVRI stasiun Papua Barat sebagai stasiun TVRI yang ke-30 akan segera diresmikan beroperasi, melayani masyarakat Papua, menyediakan berbagai informasi berkualitas, sehingga masyarakat Papua mendapatkan akses informasi yang sama dengan masyarakat di wilayah Indonesia lainnya,” pungkasnya. (FNI/RED)

Sumber : HUMAS MENPANRB

Editor   : Pieter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

GUB VBL : STUNTING NTT TURUN 3,2 PERSEN “KITA PERLU KERJA KERAS LAGI”

FOCUS NEWS INDONESIA,com, KUPANG - Memang betul terjadi penurunan Stunting tapi jika penurunannya biasa-biasa saja artinya kerja kita kurang maksimal karena yang kita bicarakan...

DIREKTORAT PMMB DAN TAMAN BUDAYA NTT GELAR WORKSHOP PENULISAN NASKAH FILM

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru (Dit.PMMB) Kementerian Pendidikan kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah...

Assessment Center dan Launching Penilaian Kompetensi Berbasis CAT Wujud Prestasi BKD NTT

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyampaikan apresiasi Kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTT dan seluruh jajaran yang...

PLBN Cerminan Komitmen Pemerintah Bangun Indonesia dari Kawasan Perbatasan

MERAUKE. FOCUS NEWS INDONESIA.COM - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan cerminan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan. Dengan wajah dan pelayanan...

Albert Riwu Kore Bantah Pernyataan BPR Christa Jaya Soal Penggelapan Sertifikat

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Albert Wilson Riwu Kore , membantah tegas pernyataan BPR Christa Jaya Perdana, yang mengatakan dirinya diduga menggelapkan sejumlah sertifikat...