Beranda POLHUKAM PUSLITBANG POLRI LAKUKAN EVALUSI PERALATAN PPH SATUAN BRIMOB POLDA NTT UNTUK KESIAPAN...

PUSLITBANG POLRI LAKUKAN EVALUSI PERALATAN PPH SATUAN BRIMOB POLDA NTT UNTUK KESIAPAN PEMILU 2024

FOCUS NEWS INDONESIA.COM – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri lakukan evaluasi peralatan Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang dimiliki Satuan Brimob  Polda NTT dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024, Senin (18/7/2022).Tim ini dipimpin oleh Kombes Pol. Syahrial M. Said. S.I.K bersama tiga anggota yakni, AKBP Haryono, ST., Pembina TK I Ahmad Munif, S.H , M.Si dan Penata Yuli Pertiwi, S.E., M.M.
Dilansir dari Tribratanewsntt.com, memberitakan bahwa tim Puslitbang Polri  tiba di Mako Brimob Polda NTT, langsung diterima oleh Dansat Brimob Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, S.I.K.
Selanjutnya Tim melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta peralatan PHH yang digelar di halaman Mako Satuan Brimob Polda NTT.
Selain dilakukan di Satuan Brimob Polda NTT, Tim Puslitbang Polri juga melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta peralatan Pengendali Massa (Dalmas) yang dimiliki oleh Ditsamapta Polda NTT, dimana dalam kegiatan ini Tim didampingi langsung oleh Direktur SamaptaKombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H dan Wadirsamapta  AKBP Joseph F.H. Mandagi, S.I.K.
Ketua Tim Kombes Pol. Syahrial M. Said. S.I.K menyamapikan bahwa, Polri merupakan bagian dari fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.
Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, Polri harus selalu mendukung agenda pembangunan nasional termasuk pemilihan umum (Pemilu) dan Pilkada serentak di Indonesia.
Dikatakannya, Pemilihan Umum di Indonesia ini merupakan salah satu upaya mewujudkan negara demokrasi yang harus dapat dilaksanakan dengan baik agar tercipta nya pemilihan umum yang profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggung jawabkan.
“Dengan akan diadakannya Pemilu pada tahun 2024, untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif, maka dengan tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi preemtif dan preventif, maka kesiapan peralatan Dalmas dan PHH perlu mendapatkan perhatian”, kata Kombes Pol. Syahrial M. Said. S.I.K.
“Hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus yang  terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa yang bersifat anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan PHH Polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal (malfungsi),  seperti  kaca helm PHH pecah ketika terkena benda keras, dan lain lain”, tambahnya.
Lanjut dikantananya, jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun  kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu pada  tahun 2024 nanti.
“Untuk itu, maka Puslitbang Polri memandang penting melakukan  penelitian tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu  2024”, jelasnya.
Dari penelitian ini diharakan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak  yang   waktunya  kurang dari dua tahun.
Diungkapkan bahwa, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu, secara kuantitatif dan kualitatif.
“Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online, pengecekan peralatan Dalmas, PHH dan wawancara mendalam (indepth interview) kepada para informan. Hal ini baik  dilakukan di Polda Nusa Tenggara Timur dan jajaran, maupun  sepuluh Polda  lainnya yang menjadi sampel penelitian”, tandas Ketua Tim Puslitbang Polri. (FNI/M.Yessi).
SUMBER : HUMAS POLDA NTT/Tribatanewsntt.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

DALAM SEMANGAT KITA BERSATU MELAKUKAN PEMBAHARUAN-PEMBAHARUAN MENATA NTT SEMAKIN HEBAT

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Harapan ini disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, saat menghadiri acara Launching Magister ( S2 ) Manajemen...

WAKIL GUBERNUR NAE SOI KUKUHKAN PASKIBRAKA NTT 2022

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi yang bertindak sebagai Pembina Upacara, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)...

Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

FOCUS NEWS INDONESIA.COM JAKARTA - Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi pada Selasa, 16 Agustus 2022, di Gedung Arsip Nasional Republik...

Presiden Jokowi Sampaikan Lima Agenda Besar Nasional

FOCUS NEWS INDONESIA.COM JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan lima agenda besar nasional dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD...

POLRI HENTIKAN LAPORAN PELECEHAN OLEH ISTERI FERDY SAMBO

FOCUS NEWS INDONESIA.COM – Tim penyidik Bareskrim Polri telah menghentikan penyidikan kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, serta penodongan...