UPTD TAMAN BUDAYA NTT LAKUKAN REVITALISASI DAN RESTORASI KESENIAN BONET

0
51
Foto berita
FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur, melakukan kegiatan Revitalisasi dan Restorasi Kesenian Bonet di Fatumnasi dan di Ayotupas, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai 12 Maret 2022, dengan Thema : Melalui Revitalisasi dan restorasi kita jadikan Tari Bonet sebagai hasil konservasi karya warisan budaya.
Kepala UPTD Taman Budaya NTT, Sofian Kurniawan, mengatakan kepada media ini bahwa  Tujuan utama restorasi adalah untuk membuat sesuatu, khususnya seni, agar dapat dibaca dan dimengerti oleh para penikmat karya seni. Intinya, agar karya seni  tersebut menjadi  readable.
“Jadi, ketika memutuskan untuk membuat sebuah karya agar bisa dibaca atau dipahami maknanya, perlu juga untuk memutuskan apa yang dapat membuat karya seni tersebut bisa dibaca,” jelasnya.
Dia menjelaskan lagi, Revitalisasi budaya merupakan upaya penggalakan kembali budaya tradisi yang hampir punah. Sebagai generasi milenial, pelaku budaya harus terus melestarikan budaya lokal. Sedangkan  Restorasi adalah istilah umum yang merujuk kepada dua pengertian; pertama, pengembalian atau pemulihan sesuatu kepada bentuk dan kondisi semula, kedua gerbong kereta api yang digunakan sebagai tempat makan bagi penumpang. Restorasi juga memiliki makna pemugaran.
Kata Sofian, Tari Bonet atau Bonet adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur  (NTT).
“Tarian ini dianggap sebagai tarian masyarakat pulau Timor yang paling tua. Bonet ini melambangkan semangat serta kebersamaan,” ujarnya.
Menurut Sofian, setelah melakukan kegiatan Revitalisasi dan Restorasi  di Fatumnasi dan Ayotupas di Kabupaten Timor Tengah Selatan tersebut, maka kedua tim Bonet itu akan ditampilkan di Taman Budaya Provinsi NTT pada tanggal 14 Maret 2022. ( M.Jessy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here