Beranda Olahraga & Kesehatan WHO : Himbau Terus Lakukan Social Distancing, Cuci Tangan, Gunakan Masker, Sebab...

WHO : Himbau Terus Lakukan Social Distancing, Cuci Tangan, Gunakan Masker, Sebab Kekebalan Pada Covid Belum Bisa Tercapai di 2021

FOCUS NEWS INDONESIA.COM

JENEWA – Herd Immunity atau  kekebalan kelompok terhadap virus corona belum bisa tercapai pada Tahun 2021, meski ketersediaan vaksin meningkat. Menurut pakar kesehatan dunia bahwa ada faktor yang melonggarkan kekebalan tersebut, karena terbatasnya akses vaksin Covid-19 untuk negara berkembang, skeptisme tentang vaksinasi, dan potensi adanya mutasi virus.

Hal tersebut disampaikan oleh Ilmuwan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Soumya Swaminathan, pada Hari Senin (11/1/2021), kepada berbagai media internasioanal.

Dilansir dari media DW, Soumya Swaminathan, mengatakan, Semakin banyak negara di dunia yang berada pada tahap pertama vaksinasi masal, seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Jerman, serta negara Uni Eropa lainnya. Kekebalan kelompok terjadi ketika cukup banyak orang dalam suatu populasi yang memiliki kekebalan terhadap infeksi, sehingga penyakit tidak menyebar.

“Kita tidak akan mencapai tingkat kekebalan populasi atau kekebalan kelompok pada 2021,” kata Swaminathan dalam sebuah pengarahan.

Ia juga menekankan bahwa aturan seperti social distancing, mencuci tangan, dan menggunakan masker terus diperlukan dalam menahan penyebaran virus corona pada tahun ini.

Swaminathan memuji “kemajuan luar biasa” yang dibuat oleh para peneliti untuk mengembangkan beberapa vaksin yang aman dan efektif dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Beberapa negara saat ini mengelola vaksin yang dikembangkan oleh BioNTech-Pfizer, Universitas Oxford/AstraZeneca, dan Moderna. Ilmuwan WHO menyerukan untuk orang-orang “sedikit bersabar”, dan mengatakan bahwa ketersediaan vaksin Covid-19 “membutuhkan waktu” karena skala produksi dosis mencapai miliaran.

“Vaksin akan datang,” katanya. “Mereka akan pergi ke semua negara…tapi sementara itu kita tidak boleh lupa bahwa ada langkah-langkah yang perlu dilakukan,” tambahnya, mengacu pada menjaga kebersihan dan jarak sosial.

Di Amerika Serikat, yang saat ini memiliki jumlah kasus harian tertinggi di dunia, para pejabat mengatakan pada Senin (11/1/2021) bahwa lebih dari 25,4 juta dosis vaksin sejauh ini telah didistribusikan dengan hampir 9 juta dosis telah diberikan kepada publik. Di Jerman, lebih dari 600.000 orang sejauh ini telah divaksinasi Covid-19, menurut Robert Koch, Institusi kesehatan masyarakat.

“Kami tidak akan kembali normal dengan cepat,” kata Dale Fisher, ketua Jaringan Siaga dan Tanggap Wabah WHO, dalam konferensi yang diselenggarakan oleh kantor berita Reuters. “Kami tahu kita perlu mendapatkan kekebalan kelompok dan

kita membutuhkannya di sebagian besar negara, jadi kami tidak akan melihat itu (kekebalan kelompok) pada 2021,” kata Fisher.

“Mungkin ada beberapa negara yang mungkin mencapainya, tapi itu pun tidak akan menciptakan kondisi ‘normal’, terutama dalam hal pengawasan perbatasan,” tambahnya. (Red/dari berbagai sumber)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

DALAM SEMANGAT KITA BERSATU MELAKUKAN PEMBAHARUAN-PEMBAHARUAN MENATA NTT SEMAKIN HEBAT

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Harapan ini disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, saat menghadiri acara Launching Magister ( S2 ) Manajemen...

WAKIL GUBERNUR NAE SOI KUKUHKAN PASKIBRAKA NTT 2022

FOCUS NEWS INDONESIA.COM, KUPANG - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi yang bertindak sebagai Pembina Upacara, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)...

Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

FOCUS NEWS INDONESIA.COM JAKARTA - Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi pada Selasa, 16 Agustus 2022, di Gedung Arsip Nasional Republik...

Presiden Jokowi Sampaikan Lima Agenda Besar Nasional

FOCUS NEWS INDONESIA.COM JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan lima agenda besar nasional dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD...

POLRI HENTIKAN LAPORAN PELECEHAN OLEH ISTERI FERDY SAMBO

FOCUS NEWS INDONESIA.COM – Tim penyidik Bareskrim Polri telah menghentikan penyidikan kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, serta penodongan...